Friday, July 13, 2018

Pemanfaatan serat optik dalam dunia medis

Edit Posted by with No comments

              Pemanfaatan Serat Optik Dalam Dunia Medis ( Endoskop)
Pemanfaatan serat optik :
          1.         Bumbung Cahaya
Kita dapat menjumpai banyak penerapan serat optik untuk bumbung cahaya (Light Guiding) dan penerapan penerapan baru terus dikembangkan untuk perangkat ini seperti marka jalan. Sebuah sumber cahaya tunggal dapat dipergunakan untuk ‘mencatu’ sejumlah besar serat optik. Sumber cahaya tersebut dibuat dengan sebuah reflektor. Muka depan reflektor kemudian disambungkan ke salah satu ujung bundel serat optik. Cahaya dari sumber cahaya akan dibawa oleh helai helai serat optik ini untuk menyalakan lampu lampu pada papan arka yang membentuk pesan-pesan seperti batas kecepatan yang diizinkan, penutupan ruas jalan, dan sebagainya.
          2.        Penggunaan di Daerah Berbahaya (Penggunaan di Laut)
            Ditengah laut, penerangan merupakan sesuatu yang amat vital dan bahkan dapat menentukan keselamatan hidup. Di lingkungan laut, serat optik menjadi alternatif ya ng jauh lebih handal dan udah digunakan sebagai sarana penerangan. Dengan menggunakan sebuah suber cahaya tunggal saja, berbagai tempat diatas kapal dapat meperoleh penerangan pada saat bersamaan. Kabel-kabel serat optik dapat menghantarkan cahaya untuk mencapai tempat yang membutuhkan penerangan. Dengan menambahkan suatu bentuk filter cahaya, kita dapat menggunakan warna warna untuk mengurangi tingkat kesilauan atau menandai tempat tertentu diatas kapal. Seutas kabel serat optik dapat digunakan untuk meberikan penerangan dibawah laut. Sistem penerangan berbasis serat optik dapat memberikan kehandalan yang lebih baik karena lampu dan peralatan listrik lainnya dapat ditempatkan di ruang bawah dek yang kering, sehingga terlepas dari ancaman korosi karena air garam.
         3.          Komunikasi
            Karena teknologi telepon, televisi, dan internet bertumpu pada serat optik untuk sistem transmisinya maka kabel serat optik dengan cepat dan dalam skala besar digelar diseluruh belahan dunia, melintasi benua dan menyebrangi samudra. Kabel – kabel serat optik kini membawa sebagian besar trafik panggilan telepon yang meninggalkan Amerika Serikat, sedangkan di Inggris lebih dari 95% trafik telepon dibawa oleh serat optik. Diseluh dunia, sistem transmisi serat optik melewatkan sekitar 85% dari seluruh trafik telekounikasi.
                                                                                                              ENDOSKOP


            Ketika cahaya merambat di dalam helaian serat optik,sinar sinarnya akan saling bercampur aduk. Hal ini ini menunjukkan bahwa satu helai serat optik tidak dapat membawa beberapa sinar cahaya yang terpisah secara sekaligus. Untuk menghasilkan sebuah gambar atau citra ( image ), sejumlah besar helaian serat optik harus digunakan agar sinar tersebut dapat disusun seperti titik-titik cahaya ( piksel) untuk membentuk gambar tersebut.
           
            Endoskop adalah suatu alat yang digunakan untuk memeriksa organ-organ di dalam badan secara visual, sehingga dapat dilihat sejelas-jelasnya setiap kelainan yang timbul pada organ yang diperiksa. Jadi jelas bahwa endoskop adalah suatu alat untuk membantu menegakkan diagnosa. Alat ini digunakan dalam pemeriksaan endoskopi, berbentuk pipa kecil panjang yang dapat dimasukkan ke dalam tubuh, misalnya ke lambung atau ke rongga tubuh lainnya. Didalam pipa tersebut terdapat dua buah serat optik. Satu untuk menghasilkan cahaya agar bagian tubuh di depan ujung endoskop terlihat jelas, sedangkan serat lainnya berfungsi sebagai penghantar gambar yang ditangkap oleh kamera.
            Disamping itu, kedua serat optik tersebut, terdapat satu buah bagian lagi yang bisa digunakan sebagai saluran untuk pemberian obat dan untuk measukkan atau mengisap cairan. Selain itu, bagian tersebut juga dapat dipasangi alat alat medis seperti gunting kecil, sikat kecil, dan lain-lain. Endoskop dapat diarahkan ke atas–bawah dan ke kiri–kanan sewaktu dimasukkan ke dalam tubuh. Mikro-endoskop  dapat dimasukkan melalui hidung ke rongga atau melewati bagian belakang tenggorokan dan saluran eustachius menuju telinga atau melalui pembuluh darah menuju jantung atau turun melalui saluran pencernaan dan menuju ke hati dan kantung empedu atau melalui saluran kencing ke ginjal.
            Endoskopi tidak hanya berfungsi sebagai alat periksa terapi juga untuk melakukan tindakan medis seperti pengangkatan polip, penjaitan, dan lain-lain. Selain itu, endoskopi juga dapat digunakan untuk mengambil sampel jaringan jika dicurigai jaringan tersebut terkena kanker atau gangguan lainnya. Beberapa jenis gangguan yang dapat dilihat dengan endoskopi antara lain : abses, sirosis biliaris, pendarahan, bronkhitis, kanker, kista, batu empedu, tumor, polip, tukak, dan lain-lain.
            Prosedur medis yang menggunakan endoskopi menggunakan endoskopi mempunyai berbagai macam nama, tergantung jenis dan organ yang diperiksa. Berikut beberapa contohnya :
1.      Thorakoskopi, pemeriksaan pleura, rongga pleura, mediastinum dan perikadium (bagian paru-paru dan jantung)
2.      Proktoskopi (sigmoidoskopi dan proktosigmoidoskopi), untuk memeriksa rektum dan kolon sigmoid
3.      Laringoskopi, untuk memeriksa laring (salah satu bagian saluran napas)
4.      Laparoskopi, untuk melihat lambung, hati, dan organ-organ lain di dalam rongga perut
5.      Gastroskopi, untuk melihat dinding esofagus, lambung, dan usus halus
6.      Sistoskopi, untuk melihat saluran kencing, kandung kencing, dan prostat
7.      Kolposkopi, untuk memeriksa vagina dan mulut rahim
8.      Kolonoskopi, untuk memeriksa usus besar
9.      Bronkhoskopi, untuk melihat trachea dan cabang-cabang bronkhus (bagian dari saluran napas)    

               Kelebihan Endoskopi
            Endoskopi merupakan metode terbaik untuk mendiagnosis penyakit. Endoskopi juga dapat digunakan untuk metode terapi. Keuntungan dari endoskopi adalah sensitivitas yang tinggi serta minimnya radiasi yang dipancarkan. Endoskopi telah menjadi standar evaluasi dan pengobatan, terutama untuk kerusakan saluran pencernaan. Prosedur diagnosis dan terapi dapat dijalankan secara aman dan kompeten.
               Prinsip Kerja Fiber Optik Endoskopi


Teknik yang diterapkan dalam cara kerja endoskop sama dengan teknik yang diterapkan untuk menampilkan gambar pada tabunng sinar katoda. Endoskop berupa bundel serat optik yang terdiri dari ±50.000 helai serat sangat tipis, tiap helai bergaris tengah 8 µm ( 315 per juta inci ) dan membawa satu sinar cahaya sinar cahaya tunggal dengan intensitas tertentu.
            Sebuah endoskop memiliki panjang sekitar satu meter dan garis tengah sekitar 6 mm. Untuk pencahayaan, endoskop menggunakan sumber cahaya berupa sebuah bola lampu xenon 300 watt. Sebuah lensa dipasang di kedua ujung bundel untuk menangkap bayangan hasil pantulan, yang pada gilirannya akan diolah untuk membentuk gabar yang ditampilkan di layar vidio.
            Untuk menghasilkan gambar yang akurat di ujung penerima, tiap helai serat optik harus dipertahankan berada pada posisi tetap pada endoskop dengan tujuan untuk memetakan secara tepat posisi bagian objek yang disinari ke posisi bayangannya yang ditampilkan di layar monitor. Jika helai serat optik tidak berada pada posisi yang tetap, maka pemetaan posisi pada objek akan simpang siur dan gambar yang dihasilkan pada layar vidio akan terdistorsi . Bundel serat optik dengan helai yang diatur untuk berada pada posisi yang tetap disebut bundel koheren          
            Sebuah endoskop terdiri dari sumber cahaya (meliputi sumber dan catu daya) dan juga fiber optic yang berfungsi sebagai jalur cahaya menuju bagian yang diperiksa. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah halogen dan bola lampu meal-halogen. Bola lampu berfungsi untuk memfokuskan cahaya input pada permukaan ujung fiber optik. Sumber cahaya yang tengah dikembangkan saat ini adalah dari LED ( Light Emitting Diode)
Sesuai dengan skema tersebut  , image bandle berfungsi sebagai elemen yang mentransmisikan gambar dari dua ujung permukaan fiber menuju pangkal fiber. Pada pangkal fiber (Proximal End ) Terdapat sebuah sistem lensa yang berfungsi untuk mentransmisikan gambar dan juga menghubungkan dengan lensa okuler (untuk mengamatan) ataupun dengan vidio camera.

sumber : 
Octarina, Nynda Fatmawati, et al. (2017) "Tinjauan terhadap UU ITE untuk Penerapan Rekam Medis Berbasis Online pada Penduduk Muslim di Indonesia." AT-Tahdzib: Jurnal Studi Islam Dan Muamalah 5.2: 78-94.
Purwaningsih, Retno Hery (2013) “Hubungan Komunikasi Terapeutik” Fak. Ilmu Kesehatan UMP.
Suroso, Ir, M.Si. Fiber Optik.

Wahyudi, Mochamad (2011) “Mengenal Teknologi Kabel Serat Optik (Fiber Optic). Bina Sarana Informatika

0 comments:

Post a Comment