Thursday, July 26, 2018

LEBAR BIDANG/ BANDWIDTH

Edit Posted by with No comments

Bandwidth, kalau diartikan kira-kira adalah Lebar Bidang atau Lebar Pita. Bandwidth suatu koneksi internet berhubungan dengan kapasitas/volume data yang dapat ditransfer dalam satuan waktu tertentu. Biasanya dalam setiap detik. Semakin besar Bandwidth suatu koneksi Internet maka akan semakin besar kapasitas/volume data yang bisa di transfer setiap detiknya. Kapasitas/volume data ini dinyatakan dalam bit (satuan data biner) atau Bytes (kumpulan bit atau satuan data biner yang mewakili satu karakter). Dalam komunikasi digital termasuk internet, 1 Byte data terdiri dari 8 bit. Dalam sistem koneksi internet, Bandwidth sering disebut atau lebih dikenal dengan istilah Kecepatan Koneksi Internet.
Sehingga Bandwidth dapat diibaratkan diameter selang air. Semakin besar diameter selang air tersebut maka akan semakin besar kapasitas/volume air yang bisa dialirkan dalam setiap detiknya.
Sebagai contoh, sebuah koneksi memiliki Bandwidth Internet 512-kbps (kilo bit per second). Artinya adalah dalam satu detik  Sistem Koneksi Internet tersebut mampu mentransfer data maksimal sampai 512-kb (kilo bits) atau 64-kB (kilo Bytes). Dalam dunia internet, Bandwidth merupakan suatu yang sangat penting dan hal pokok bagi kenyamanan pengguna internet. Hal tersebut karena besar kecilnya Bandwidth langsung berkaitan dengan Kecepatan Browsing, Kecepatan Membuka Halaman Web, Kecepatan Download atau Kecepatan Upload File.
Contoh Pertama : Untuk membuka sebuah halaman Web yang berkapasitas 120-kB, sebuah koneksi internet dengan Bandwidth  Internet 512-kbps atau 64-kBps membutuhkan waktu sekitar 120/64 = 1,875 detik. Namun dengan Bandwidth koneksi internet 128-kbps atau 16-kBps maka perlu waktu sekitar 120/16 = 7,5 detik… Sebuah perbedaan waktu yang  signifikan hanya untuk men-download atau membuka satu halaman Web.
Contoh Kedua : Untuk Download sebuah file dengan kapasitas 30-MB, atau 30.000-kB sebuah koneksi Internet dengan Bandwidth 1-Mbps atau 128-kBps membutuhkan waktu sekitar 30.000/128 = 234,375 detik atau sekitar 3,9 menit. Namun dengan Bandwidth koneksi Internet yang cuma 64-kbps atau 8-kBps akan membutuhkan waktu sekitar 30.000/8 = 3.750 detik atau sekitar 62,5 menit atau lebih dari 1 jam. Sebuah perbedaan waktu yang sangat jauh.

SUMBER : http://kadeksismul.blogspot.com/2014/04/mengenal-bandwidth-internet.html


0 comments:

Post a Comment